Jumaat, Ogos 28, 2009

Let Bygones be Bygones

Melupakan Cobaan Yang Telah Berlalu




from Kumpulan Situs-Situs Islam

MediaMuslim.Info - Kegembiraan akan hadir dan men-sirna-kan berbagai kegundahan dan keruwetan apabila kita berupaya keras menyingkirkan penyebab kegundahan itu dan meraih berbagai sarana yang dapat membuahkan kegembiraan.

Yaitu dengan melupakan cobaan-cobaan yang telah lampau yang tidak mungkin diputar ulang, dan menyadari bahwa kekalutan hati dan memikirkan hal itu adalah suatu tindakan sia-sia dan tidak dibenarkan oleh akal yang sehat, dan bahwasanya memikirkan hal yang semacam itu adalah suatu kebohongan dan kegilaan.

Jadi ia harus menekankan agar tidak memikirkan cobaan masa lalu itu. Juga agar ia menekankan hatinya agar tidak gelisah atau guncang menghadapi masa yang akan datang, yang dibayangkan akan menghadapi kemiskinan atau kekhawatiran atau bayang-bayang masa depan buruk yang lain.

Hendaknya ia mengetahui, bahwa segala peristiwa dimasa mendatang, baik itu keberuntungan atau keburukan, harapan baik atau derita, adalah tidak dapat diketahui, dan bahwasanya itu semu...



nota: Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya, Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Al-Baqarah : 286) .

2 ulasan:

yatt berkata...

spot on...

semalam aku tgk tv, ada ayat Quran yg best jugak...

something like' apabila kamu mensyukuri nikmatKu, akan kutambah rahmat buatmu..'

cant exactly recite the actual tafsir tp it holds a deep meaning..

oh, semalam aku bermimpikan kamu..bersama geng2 yang lain..

shera berkata...

k.farina!

kita ada instinct yg sama kah? same entry on d same day :)

nice ayat kan?

#27

My current favourite writer: Fiersa Besari. Sederhana, cerdas dan mengena. If you haven't read any of his works, you should. ...